Sabtu, 21 April 2012

Bentuk-Bentuk Transaksi dalam Perbankan


Wesel aksep atau juga dikenal dengan nama Bank draft atau Banker's draft adalah surat berharga yang berisi perintah tak bersyarat dari bank penerbit draft tersebut kepada pihak lainnya (tertarik) untuk membayar sejumlah uang kepada seseorang tertentu atau orang yang ditunjuknya pada waktu yang telah ditentukan. Bank draft ini adalah merupakan cek namun sumber dana pembayarannya adalah berasal dari rekening bank penerbit bukan dari rekening nasabah perorangan.

Keuntungan wesel aksep
Masalah yang timbul pada cek adalah bahwa cek tersebut tidak dapat dianggap atau diperlakukan sebagai tunai, oleh karena cek tersebut dapat menjadi tidak bernilai apabila dana sipenerbit cek tidak mencukupi saldonya dan cek tersebut akan dikembalikan kepada kreditur oleh bank dan si penerima cek akan menghadapi risiko tidak memperoleh pembayaran.

Untuk mengurangi risiko tersebut diatas maka seseorang dapat meminta agar pembayaran dilakukan dengan jenis cek yang dananya dijamin mencukupi yaitu berasal dari dana milik bank yang menerbitkan wesel aksep. Ini akan mengurangi risiko kreditur terkecuali apabila bank penerbit pailit atau bank draft tersebut palsu. Guna memastikan bahwa nasabahnya memiliki dana yang cukup guna membayar bank untuk memenuhi kewajiban si nasabah dalam penerbitan bank draft maka bank akan mendebet rekening nasabahnya seketika itu juga ( termasuk biaya-biaya).

wesel aksep diperlakukan sama dengan cek yaitu prosedur pencairannya melalui lembaga kliring setempat.
Payment order (Perintah pembayaran) adalah istilah perbankan internasional yang mengacu pada direktif ke bank atau lembaga keuangan dari rekening bank pemegang menginstruksikan bank untuk melakukan pembayaran atau serangkaian pembayaran kepada pihak ketiga. Hal ini dapat didefinisikan sebagai, "dikirim Instruksi untuk mentransfer dana melalui kertas dan / atau sarana elektronik".

Perintah pembayaran adalah pasca-kontrak instrumen sering digunakan untuk membayar perjanjian biaya untuk agen dan biasanya berisi kondisi untuk pembayaran yang harus dipenuhi seperti berhasil menyelesaikan persyaratan kontrak Pembayaran pesanan dengan "kondisi" tidak harus bingung dengan. "Perintah pembayaran bersyarat." Perintah pembayaran bersyarat adalah pra-kontrak instrumen yang terdiri dari perjanjian pembayaran biaya didokumentasikan antara penerima dan penerima pembayaran, bukti kemampuan untuk penerima pembayaran untuk membayar yang sering dikeluarkan oleh Swift MT799 ke bank penerima, dan kadang-kadang mungkin termasuk instruksi bank untuk pendirian dari perintah pembayaran mengikuti pelaksanaan kontrak. Perintah pembayaran Salah satu atau perintah pembayaran bersyarat diasumsikan tidak dapat dibatalkan kecuali dinyatakan lain. Pembayaran pesanan dengan kondisi dapat dibentuk setelah penandatanganan kontrak dan posting surat kredit atau instrumen keuangan lainnya dengan bank membayar tetapi tidak pernah diberlakukan sebelum pelaksanaan kontrak karena risiko yang kontrak tidak akan terwujud. 

Inkaso adalah sebuah layanan bank untuk penagihan pembayaran atas surat/document berharga kepada pihak ketiga di tempat atau kota lain di dalam negeri. Surat atau dokumen berharga yang dapat diproses adalah wesel, cek bilyet giro, kuitansi, surat promes/aksep dan hadiah undian.

Letter of credit, atau sering disingkat menjadi L/C, LC, atau LOC, adalah sebuah cara pembayaran internasional yang memungkinkan eksportir menerima pembayaran tanpa menunggu berita dari luar negeri setelah barang dan berkas dokumen dikirimkan keluar negeri (kepada pemesan).
Pelaku L/C
  • Applicant atau pemohon kredit adalah importir (pembeli) yang mengajukan aplikasi L/C.
  • Beneficiary adalah eksportir (penjual) yang menerima L/C.
  • Issuing bank atau opening adalah bank pembuka L/C.
  • Advising bank adalah bank yang meneruskan L/C, yaitu bank koresponden (agen) yang meneruskan L/C kepada beneficiary. Bank tidak bertanggung jawab atas isi L/C dan hanya bertindak sebagai perantara.
  • Confirming bank adalah bank yang melakukan konfirmasi atas permintaan issuing bank dan menjamin sepenuhnya pembayaran.
  • Paying bank adalah bank yang secara khusus ditunjuk dalam L/C untuk melakukan pembayaran dan beneficiary berkewajib
  • Carrier adalah pengangkut barang yang dikirim (Perusahaan Pelayaran/Penerbangan) untuk dibeberapa negara dengan perbatasan darat bisa juga perusahaan angkutan darat seperti truk, kereta Dll).

Safe deposit box, Sebuah kotak penyimpanan barang berharga, juga disebut kotak penyimpanan aman adalah wadah individual dijamin, biasanya diadakan dalam besar aman atau lemari besi bank . Safe deposit box yang umumnya berada di bank , kantor pos atau lembaga lainnya. Kotak penyimpanan aman digunakan untuk menyimpan barang berharga, seperti batu permata , logam mulia , mata uang , surat berharga, dokumen penting seperti surat wasiat , properti perbuatan , dan akte kelahiran , atau komputer penyimpanan data yang membutuhkan perlindungan dari pencurian , kebakaran , banjir , sabotase atau alasan lain. Dalam pengaturan khas, penyewa membayar bank biaya untuk penggunaan kotak, yang dapat dibuka hanya dengan produksi sebuah tombol yang sudah ditetapkan, kunci penjaga sendiri bank, yang tepat tanda tangan , dan mungkin kode dari beberapa macam. Beberapa bank selain itu menggunakan biometrik dual-kontrol keamanan untuk melengkapi prosedur keamanan konvensional.

(Source: wikipedia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar